My First Experience Gardening: Lemon Dwarf and Mini Roses

Our new family member: Lemon Dwarf and Mini Roses

                    Our new family member: Lemon Dwarf and Mini Roses

Di Jakarta, orang tua dan mertua saya punya taman besar di sekeliling rumah. Papa dan ibu mertua memang hobby berkebun. Saya juga suka sih dengan taman yang hijau, tapi gak pernah kepikiran tuh untuk berkebun di rumah kita yang di Serpong, walau sebenarnya kita punya space kecil untuk area kebun di depan rumah. Mungkin karena saya dan Yan bekerja dan kalau wiken kita lebih cenderung memilih untuk menghabiskan waktu libur kita untuk nonton di bioskop atau jalan-jalan ke mall daripada berkebun.

Back in Jakarta, both my parents and my in law’s house have a big garden. My dad and my mother in law loves gardening. I definitely love garden and greenery, but I never thought to do gardening in our house in Serpong, though we have a small area of garden in front of the house. Maybe because I and Yan are working and on weekend we tend to go to a movie or shopping mall, we never thought gardening will be an option to spend our weekend.

Semenjak pindah dan menetap di Sydney, kita menghuni apartemen mungil tapi dengan balkon yang cukup besar. Tiba-tiba saya suka kangen bangun tidur pagi-pagi, nge-teh atau ngopi,tinggal buka pintu, duduk di teras rumah ortu atau rumah mertua, menghirup udara pagi dikelilingi kebun yang hijau dan rindang. Dan juga, di Sydney, kita gak terlalu suka ke mal sini, gak tahu kenapa yah. Mungkin karena mal disini menurut saya lebih kecil dalam hal luasan kalau dibanding mal-mal di Jakarta. Dan ada satu hal yang menurut saya lucu, disini mal jarang yang menyatu dengan bioskop atau fasilitas hiburan lain seperti skating rink seperti di Mal Taman Anggrek, atau sekedar taman super luas komplit dengan kolam ikan seperti di Central Park Mal atau Summarecon Mal Serpong. Oooh, jadi rindu jalan-jalan ke mal-mal di Jakarta..

Since we moved to Sydney, we live in small apartment with a big balcony. Then suddenly, I kinda miss woke up in the morning, sipping tea or coffee, open the door and sit in the terrace in my dad’s and mom in law’s garden. Then also, here in Sydney, we don’t really like go to shopping mall, I don’t know why. Maybe because the shopping mall here is consider small in space compare to a shopping mall back in Jakarta. And one funny thing, I think, shopping mall here is rarely integrated with movie cinema or other entertainment activity like skating rink like in Mall Taman Anggrek or just an open outdoor massive garden complete with fish pond like in Central Park and Summarecon Mall Serpong. Oooh I miss Jakarta ‘s shopping mall so much..

Ok. Cukup sudah dengan ngobrolin kerinduan saya nongkrong di mal-mal Jakarta. Kembali ke masalah berkebun, jadi saya selalu berpikir untuk punya taman mungil di balkon apartemen, lengkap dengan tanaman hijau, tanaman berbunga dan tanaman berbuah, yang bisa saya panen buah atau tanaman herba nya pas lagi butuh untuk masak. Jadi, inilah awal mulanya keinginan saya membuat taman yang bisa menghasilkan buah atau herba di balkon sendiri agar menjadi kenyataan.

Ok. Done with this missing Jakarta shopping mall non-sense talking. Back to gardening, so, I always think about having a small garden in my balcony, full with the greenery plant, flowery and fruiting plant that I can pick my own fruit or herbs when I need one to cook. So, this is the beginning of making my green self-produce garden balcony come true.

September 28, 2014, Yan membelikan hadiah ulang tahun (walaupun telat sebulan, saya tetap happy dan kegirangan) berupa dua pot tanaman, tanaman lemon dwarf dan mawar mini. Saya benar-benar girang. Kita membelinya dari Bunnings yang deket rumah. karena kita, saat ini, belum punya mobil, kita bawa 2 pot tanaman ini menggunakan trolley Bunnings dan jalan kurang lebih 2 km.. Capeknya gak kerasa karena girang.. ;D

My balcony garden

               My balcony garden

On September 28, 2014, Yan bought me my birthday gift (a month late, but still happy and excited), our two first plants, my precious lemon dwarf and my mini rose. I am super happy. We bought it from Bunnings near our neighborhood. Since we don’t have car, yet, we bring the plant using Bunnings trolley, walk, about 2 km.. Don’t feel tired at all because of the excitement.. ;D

Kita beli Lemon Dwarf yang sudah berbunga. Tanaman mawar mininya juga udah punya 3 kuncup bunga. Kita berharap mereka segera berbunga dan berbuah, jadi kita bisa nyobain jus lemon dan menghirup aroma bunga mawar pink. Ini dia beberapa fotonya pas pertama kali dua tanaman ini menjadi anggota baru keluarga kita.

We bought Lemon Dwarf that already has flower buds on it. The mini roses have three flower buds. We definitely hope they’ll grow fast and we can taste the lemon juice and smell the sweet fragrant of the pinkish mini roses. Here are some of the photos when our Lemon Dwarf and mini roses added to our family member.

Three Rose Buds

                     Three Rose Buds

Leave a comment